Sunday 16 May 2010

SHALAT SUNAH

SHALAT SUNAH RAWATIB

Sholat sunah rawatib adalah Sholat yang dilakukan untuk mengiringi sholat fardu, Biasanya dilakukan pada saat sebelum atau sesudah sholat Fardu. Ada 2 macam sholat rawatib yaitu Ba'diyah atau sholatyang dilakukan setelah sholat Fardu dan Qabliyah sholat yang dilakukan sebelum sholat fardu.
Sholat rawatib tersebut ialah:

* 2 Rokaat sebelum Sholat Subuh (Sholat sunah Fajar)
* 4 Rokaat sebelum Sholat Dzuhur atau Sholat Jum'at
* 4 Rokaatsetelah Sholat Dzuhur
* 4 Rokaat sebelum Sholat Ashar
* 2 Rokaat sebelum dan sesudah Sholat Maghrib
* Dan 2 Rokaat setelah Sholat Isya.

Hikmah melakukan Sholat Rawatib ini ialah untuk menyempurnakan kekurangan dalam Sholat Fardu. Biasanya kekurangan dalam Sholat Fardu ialah karena kurang khusyu' atau kurang memperhatikan bacaan dll. maka dari itu Sholat ini sangat penting untuk menyempurnakan SholatFardu yang kurang sempurna.

Niat Sholat ini ada 2 macam yaitu untuk Qabliyah bdan untuk Badiyah,

Untuk Qabliyah Pada awal bacaan ditambah "USHALLI SUNNATAL" dan pada akhir niat ditambah "QABLIYATAINI LILLAHI TA'ALA ALLAHU AKBAR" Contoh untuk Sholat Dua rakaat sebelum Sholat Subuh "USHALLI SUNNATAL SUBHI RAKA'TAINI QABLIYATAINI LILLAHI TA'ALA ALLAHU AKBAR".

Dan untuk Badiyah pada awal bacaan juga ditambah "USHALLI SUNNATAL" dan pada akhir niat ditambah "BA'DIYATAINI LILLAHI TA'ALA ALLAHU AKBAR" Contoh untuk 2 rakaat seteloah Sholat Dzuhur "USHALLI SUNNATAL DZUHRI RAKA'TAINI LILLAHI TA'ALA ALLAHU AKBAR".



SHALAT SUNAH DHUHA

Shalat sunah Dhuha yaitu Shalat Sunah yang dilakukan pada pagi hari sesudah matahari menampakan sinarnya, kurang lebih 7hasta. Shalat Dhuha ini sekurang-kurangnya 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya 8 rakaat, dengan tiap 2 rakaat salam. Bacaan Shalat Dhuha tidak dijaharakan (tidak diperdengarkan).

Keutamaan Shalat Dhuha :

* Orang yang melaksanakan Shalat Dhuha sebanyak 12 rakaat maka Allah akan membangunkan untuknya istana dari emas di surga.
* Orang yang melaksanakan Salat Dhuha akan diampuni dosanya.

* pahala dari Shalat Dhuha sebanding dengan pahala orang yang mengeluarkan sedekah dan melakukan amar ma'ruf nahi munkar.

Niat Shalat Dhuha :
"USHALLI SUNNATAL DHUHD RAKA'ATAINI LILLAHI TA'ALA ALLAHU AKBAR"


SHALAT SUNAH TAHAJJUD


Shalat sunah Tahajjud atau sering disebut shalat al-lail adalah shalat sunah yang dilakukan pada waktu malam, selepas bangun dari tidur atau sebelum adzan subuh. Tahajjud artinya : meninggalkan tidur. Keutamaan Shalat Tahajjud adalah mendapat pahala yang sangat banyak.

Niat shalat Tahajjud:
"USHALLI SUNNATAT TAHAJJUD LILLAHI TA'AALA ALLAHU AKBAR"



SHALAT SUNAH WITIR


Shalat sunah Witir adalah shalat sunah yang dilakukan sebagai shalat sunah penutup di malam hari, yaitu setelah shalat Isya hingga terbitnya fajat. Shalat witir bisa dilaksanakan sebanyak 1, 3, 5, ataupun yang paling banyak yaitu 11 rakaat.
Keutamaan shalat sunah witir adalah :

* Orang yang melaksanakan Shalat witir akan dicintai Allah.
* Shalat witir lebih mulia dari pada harta yang paling berharga.


Niat Shalat Witir :
"USHALLI SUNNATAL WITRI LILLAHI TA'ALA ALLAHU AKBAR"



SHALAT SUNAH HAJAT


Shalat sunah Hajat adalah shalat sunah yang dikerjakan berkenaan dengan hajat atau keinginan. yang maksudnya shalat ini dilakukan karena ada suatu keinginan yang ingin dikabulkan atau dimudahkan Allah. Shalat hajat dapat dilakukan kapan saja di siang hari ataupun malam hari, sekurang-kurangnya shalat hajat dilakukan sebanyak 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya 12 rakaat.

Ayat-ayat yang sering digunakan pada rakaat pertama, setelah Al-fatihah, sekali, surah Al-kafirun atau Ayat kursi sebanyak 6 kali ada juga yang mencapai 10 kali, dan pada rakaat kedua, setelah Al-fatihah, sekali, surah Al-ikhlas 6 atau 10 kali.

Niat Shalat Hajat :
"USHALLI SUNNATAL HAJATI RAK'ATAINI LILLAHI TA'ALAA, ALLAHU AKBAR"



SHALAT SUNAH ISTIKHARAH


Shalat sunah Istikharah adalah shalat sunnah yang dilakukan dengan maksud meminya petunjuk Allah dalam memilih dua pilihan atau lebih agar keputusannya menjadi sesuatu yang berkah baik dan diridhai oleh Allah.

Shalat sunah Istikharah dapat dilaksanakan kapan saja. Shalat ini dilaksanakn dua rakaat dengan ketentuan :

* Pada rakaat pertama, setelah membaca surah al-fatihah, dilanjutkan dengan membaca surah Al-kafirun.
* Pada rakaat kedua, setelah membaca surah Al-fatihah dilanjutkan dengan membaca surah Al-ikhlas.


Niat Shalat Istikharah :
"USHALLI SUNNATAL ISTIKHARATI RAK'ATAINI LILLAHI TA'ALA ALLAHU AKBAR"



SHALAT SUNAH TASBIH


Shalat Sunah Tasbih ialah shalat sunah yang mmaksudnya memperbanyak tasbih kepada Allah dengan cara-cara khusus. Shalat Tasbih 4 rakaat, jika dilakukan malam hari, lebih baik dilakukan dengan 2 rakaat salam, dan jika pada waktu siang hari baik dengan satu salam atau dua salam sama hukumnya.
Dalam shalat tasbih doa ini dibaca sebanyak 300 tasbih yaitu :
"SUBHAANA ALLAAHU WA-ALHAMDULILLAAHI WA AALA ILAAHA ILLAA ALLAHU WA ALLAAHU AKBARU"

Rasulullah menganjurkan kita agar mengerjakan shalat ini . Kalau tidak bisa, maka seminggu sekali, atau sebulan sekali , setahun sekali. andai hal itu terasa berat, bisa juga dilakukan seumur hidup sekali.

Tata cara Shalat Tasbih :

* Berdiri sambil mengucapkan niat
* Membaca Al-fatihah dan mengucapkan Tasbih sebanyak 15 kali.
* Kemudian ruku dengan mengucapkan doa ruku dan mengucapkan kalimat tasbih sebanyak 10 kali.
* Kemudian I'tidal dengan mengucapkan doa I'tidal dan mengucapkan kalimat tasbih sebanyak 10 kali.
* Lalu sujud dengaqn mengucapkan doa sujud dan mengucapkan kalimat tasbih sebanyak 10 kali.
* Kemudian duduk diantara dua sujud dengan doanya dan mengucapkan kalimat tasbih sebanyak 10 kali.
* Kemudian sujud kedua dengan mengucapkan doa sujud dan mengucapkan kalimat tasbih sebanyak 10 kali.
* Dari sujud kedua jangan langsung berdiri tetapi duduklah dulu dan mengucapkan kalimat tasbih sebanyak 10 kali.


Selepas rakaat yang pertama Berarti kita telah membaca tasbih sebanyak 75 kali. jika 4 rakaat berarti 300 kali. Jika kita lupa tidak mengucap tasbih pada tempat-tempat yang disebutkan maka gantilah pada rakaat berikutnya, dengan menambah tasbih yang dilupakan.



SHALAT SUNAH TAUBAH


Shalat Sunah Taubah ialah Sholat yang dilaksanakan demi maminta pengampunan dari Allah dari dosa-dosa yang telah diperbuat oleh hambanya terhadap Allah swt. Bertaubat berarti menyesali perbuatan yang dilakukanya, dengan berniat untuk memperbaiki kesalahanya dan tidak mengulanginya lagi.

Seseorang pasti memiliki dosa seperti dosa kecil ataupun dosa besar, barang siapa yang bertaubat sebener-benarnya kepada Allah maka laksanakanlah Shalat Taubah, sebagai jalan memperbaiki kehidupan. Insaya Allah akan diampunu dosamu.

Shalat taubah boleh dilakukan kapan saja, baik malam ataupun siang hari, namun lebih baik dilakukan malam hari. Shalat taubah dilakukan sebanyak 2 rakaat, seperti Shalat biasa, dan niatnya adalah :
"USHALLI SUNNATAL TAUBATI RAK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA ALLAHU AKBAR"

Pada saat sujud terakhir bacalah sebanyak 40 kali doa Dzi Al-Nuun :
"LAA ILAAHA ILLA ANTA SUBHAANAKA INNI KUNTUM MINA ADH-DHALIMIIN"
Selepas salam bacalah doa :
"ASTAGHFIRU ALLAHU AL-ADHZIIM ALLADZIILAA ILAAHA ILLAA HUWA AL-HAYYYU AL-QAYUM , WA ATUUBU ILAHI TAUBAT6A 'ABDI DHALALIMIN LA YAMLIKU LINAFSIHI DAHARRAN WA LAA NAF'AN, WA LAA MAUT5AN WA LAA HAYYATANWA LAA NUSYUURAN"



SHALAT SUNAH TARAWIH


Shalat Sunah Tarawih adalah Shalat sunah yang dilakukan di bulan ramadhan, dilakukan setelah Shalat Isya, waktu untuk Shalat tarawih sangat panjang yaitu mulai sehabis shalat isya sampai terbitnya fajar.
Shalat tarawih boleh dikerjakan sendiri ataupun berjamaah, Shalat tarawih dilakukan 2rakaat 2rakaat (setiap 2 rakaat salam). Setelah selesai Shalat tarawih hendaknya diikuti dengan shalat witir.
Surat yang dibaca setelah Al-fatihah tidak ditentukan atau bebas. Shalat tarwih dianjurkan supaya kita dapat lebih mendapatkan pahala yang berlipat di bulan ramadhan.

Niat Shalat tarawih :
"USHALLI SUNNAHAT TARAWIHI RAK'ATAINI LILLAAHI TAA'ALAA ALLAHU AKBAR"

9 comments:

  1. keren ....
    hha .
    pasti dapet nile bagus deh sebagus isinya ..
    amiiiin ..

    ReplyDelete
  2. mas sekedar koreksi, untuk contoh niat sholat sunah 2 rakaat setelah Dzuhur sepertinya ada yang kurang pada paragrap ini:

    Dan untuk Badiyah pada awal bacaan juga ditambah "USHALLI SUNNATAL" dan pada akhir niat ditambah "BA'DIYATAINI LILLAHI TA'ALA ALLAHU AKBAR" Contoh untuk 2 rakaat seteloah Sholat Dzuhur "USHALLI SUNNATAL DZUHRI RAKA'TAINI LILLAHI TA'ALA ALLAHU AKBAR".

    Harusnya:

    "USHALLI SUNNATAL DZUHRI RAKA'TAINI BA'DIYATAINI LILLAHI TA'ALA ALLAHU AKBAR".

    Terimakasih...

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mas atas koreksinya, dalam melakukan ibadah salah satunya shalat niat yang paling terpenting yaitu niat dari hati, niat dari lisan hanya digunakan untuk memantapkan hati kita saja, tapi saya ucapkan terima kasih atas koreksinya, jangan pernah terpaku pada niat lisan walaupun itu penting tapi apabila lisan niat tapi hati tidak niat maka sama saja, wassalam.

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah terima kasih saudaraku semoga mendatangkan manfaat bagi kita semua amiin

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, mendapatkan mencerahan disini, bagaimana menjalankan dan niatan Sholat Sunah, mohon ijin mempelajari dan mengamalkan , kiranya Saudara tidak keberatan jika Tulisan ini saya Tulis juga di salah satu blog saya, agar saya lebih mudah mempelajarinya, dan sekiranya sudi mampir ke http://airan3t.blogspot.com/ guna melihat dan meoreksi isinya, semoga kita semua selalu dalam lindungan dan selalu di Rahmati oleh Allah SWT. Amin

    ReplyDelete
  6. silahkan saja, sesungguhnya ilmu itu akan lebih baik apabila kita sampaikan, seperti sabda Rasulullah " sampaikan apa apa dariku walaupun itu hanya satu ayat "

    ReplyDelete

◄ Newer Post
 

Copyright 2011 Belajar Semuanya is proudly powered by blogger.com