Tuesday 25 May 2010

IMAN

Buah dari keimanan seseorang itu tidak hanya dapat dinikmati di Akhirat saja, tetapi di Dunia kita juga sudah bisa menikmati buah dari keimanan yang kita bangun. Tetapi buah dari keimanan itu tidak dating begitu saja, melainkan kita harus memenuhi syarat-syaratnya.
Syarat-syarat tersebut adalah sebagaimana yang tercantum dalam sebuah Hadist Riwayat Bukhari yang artinya :
“ Dani anas r.a. Ia berkata, bahwa Rasulullah SAW Bersabda :
Ada tuga perkara (hal), barang siapa yang melaksanakan ketiganya Nisccaya Ia akan dapat kelezatan (kenikmatan) iman.(ketiga hal tersebut adalah)
1.Orang yang mencintai Allah dan Rasul-Nya melebihi dari cintanya kepada yang lain dan pada keduanya.
2.Orang yang mencintai orang lain karena Allah semata.
3.Orang yang benci untuk kembali kepada keka iran itu, sebagaimana bencinya bencinya akan dijatuhkan ke Neraka.”
Diantara beberapa kenikmatan dari sekian kenikmatan yang akan dirasakan seseorang didalam hatinya. Tertanam keimanan, adalah sebagaimana disebut dalam Hadist Riwayat Bukhari yang artinya :
“dari Abu Said Al-khudry,Sabda Rasulullah : Setelah penduduk Surga masuk masuk surga dan penduduk neraka masuk ke dalamm neraka, maka Allah Berfirman : Keluarkanlah dari neraka orang-orang yang ada Iman di dalam dadanya (walau hanya) sebesar biji sawi. Lalu mereka keluar dari neraka, (tetapi tubuhnya hitam bagaikan arang. Karena itu mereka dilemparkan kedalam sungai Haya’ atau Hayat.Kemudian tubuh mereka, berubah bagaikan benih yang tumbuh sesudah banjir. Tidakkah engkau lihat bahwa benih itu berwarna, kuning dan berlipat-lipat.”
Dan dalam Hadist Bukhari juga meriwayatkan Sabda Rasul yang artinya:
“Dari Anas r.a Ia berkata, Rasulullah bersabda : Akan dikeluarkan dari neraka, Orang yang menyebut LAA ILLAHAILLALLAAHU (tiada tuhan selain Allah) apabila dihatinya terdapat kebaikan (iman) seberat Sya’iroh, burroh atau dzarroh dan akan dikeluarkan dari neraka. “
Demikianlah pahala iman yang tertanam di dalam hati. Walaupun sangat kecil, tetapi susah dapat mengeluarkan dari dalam neraka. Tak dapat dibayangkan lagi apa balasannya andai nilai iman yang tertanam dalam hati itu lebih tinggi dan lebih besar kadarnya. Padahal dikeluarkan dari neraka saja itu sudah karunia yang sangat besar, bahkan melebihi dunia beserta isinya.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Belajar Semuanya is proudly powered by blogger.com