Sunday, 23 May 2010

MA’RIFATULLOH

Assalamualaikum. . . . . . .
Hallo sahabat dalam artikel ini kita akan membahas apakah Ma’rifat itu, mari kita lihat.

Menurut Bahasa, kata Ma’rifat Berarti mengetahui atau mengenal, Tetapi kata Ma’rifat dapat dijabarkan Menjadi : cara mengetahui atau mengenal Allah melalui tanda-tanda kekuasaan-Nya yang berupa makhluk-makhluk ciptaan-Nya. Sebab hanya dengan memperhatikan tanda-tanda kekuasaan-Nya, kita bias mengetahui akan keberadaan dan kebesaran Allah S.W.T, Tanda-tanda tentang adanya Allah sudah jelas terlihat disekeliling kita dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun cara memperhatikan tanda-tanda kekuasaan Allah yang berupa makhluk-makhluk-Nya tidak hanya menggunakan penglihatan saja, tetapi harus juga ditunjang dengan penglihatan mata batin yang jernih dan bersih dari berbagai macam dosa.
Kita tidak cukup hanya mengetahui dan mengenal Allah tetapi kita juga harus mengabdikan diri kepada Allah secara utuh demi mengharapkan keridloan-Nya. Salah satu tanda bagi orang yang Berma’rifat kepada Allah adalah bahwa ia senantiasa bersandar dan berserah diri kepada-Nya, dia selalu bersyukur dengan apa yang diberikan kepada dirinya dari Allah dan apapun Musibah yang dirasakan selalu dihadapi dengan perasaan yang sabar dan tabah. Selain itu orang yang Bermarifat kepada Allah tidak pernah sombong dengan apapun yang dimilikinya Ia selalu merendah dan mensyukuri apa yang di dapat.
Menurut seorang ahli Ma’rifat terkenal bernama Al-Junaid, bahwa seseorang belum bias disebut sebagai Ahli Ma’rifat apabila belum mempunyai sifat :
- Mengenal Allah secara mendalam , hingga seakan-akan dapat berhubungan secara langsung dengan-Nya.
- Dalam beramal selalu berpedoman dengan Ajaran Rasulullah ( Hadist ).
- Berserah diri kepada Allah dalam hal mengendalikan hawa Nafsunya.
- Merasa dirinya adalah milik Allah dan kelak pasti akan kembali pada-Nya.

Adapun menurut Imam AI-Ghozali sebagaimana disebutkan ada 4 hal yang harus dikenal dan kemudian dipelajari oleh seorang yang Berma’rifat kepada Allah, yaitu :
- Mengenal siapa dirinya.
- Mengenal siapa Tuhannya.
- Mengenal Dunianya.
- Mengenal Akhiratnya.

Hal-hal diatas merupakan dasar dalam Berma’rifat kepada Allah.

Wassalamm.. … . . . . ..

2 comments:

  1. kenal atau denger atau baca.....?

    ReplyDelete
  2. saya tahu dari hasil belajar saya, saya mencoba memahami.

    ReplyDelete

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Belajar Semuanya is proudly powered by blogger.com