Wednesday 16 February 2011

Kun Fayakuun



Assalamualaikum wr.wb.

Saudaraku semua, yang pertama saya katakan saya mau bertanya, kalau nih kamu sakit apa yang kamu lakukan? Pasti kedokter iya kan. Dan sesampainya di Dokter si dokter malah nanya, Sakitnya apa? Berarti kita datang sama yang ngga tau, buktinya dia masih nanya. Kalau mobil kita apa motor kita rusak kemana nih kita? Kebengkel kan, dan di bengkel si montir juga masih nanya, yang rusak apanya? Setelah kita cerita baru dia bekerja. kalau kita laper apa yang kita cari? Makanan kan. Dan kalo ban kita kempes, pasti kita ke tukang tambal ban, saking kenalnya kita sama tukang tambal ban tadi, begitu kita sampai situkang tambal ban tadi langsung connect nih, langsung deh dia ngerjain.

Yang tadi itu pertanyaan Tauhid apa coba artinya? Berarti kalau kita punya keinginan kita punya masalah kita tidak datang kepada Allah kita tidak menghadap kepada Allah, itu tandanya kita tidak mengenal Allah, kita tidak mengenal Allah sebaik kita mengenal Dokter saat kita sakit, kita tidak mengenal Allah sebaik kita mengenal bengkel untuk mobil kita, kita tidak mengenal Allah sebaik kita mengenal makanan dan minuman, dan konyolnya lagi kita tidak mengenal Allah sebaik kita mengenal tukang tambal ban saat ban kita kempes.

Padahal jika kita datang Kepada Allah Swt. Allah tidak perlu bertanya lagi karena Allah Maha tahu akan segala hal. Kenapa Dokter masih bertanya? Kenapa bengkel masih bertanya? Itu karena mereka merasa kita yang punya Badan jadinya mereka pikir kita lebih tahu. Tapi Allah Swt. Tidak perlu bertanya. Siapa yang punya masalah siapa yang punya keinginan, Ayo kita Datang Kepada Allah. Jika Allah sudah Berkehendak maka pasti akan terjadi “ KUNFAYAKUUN ”.

Ada enam hal atau enam langkah yang diperintahkan Rasulullah yang harus dilakukan ketika kita benar-benar bermasalah, jika kita menjalankannya secara Sempurna Insya Allah Masalah apapun keinginan apa pun pasti terpenuhi. Ini nih enam cara yang disebutkan Rasulullah Saw. :

1. Ketika hati sedang gundah, sedang dirundung masalah “Berwudhulah kalian”
2. “Sholatlah 2 Rokaat” kata Rasulullah nih. Sholat disini Sholat apa aja tapi yang diperintahkan Rasulullah konteksnya Sholat Hajat.
3. Membaca Al-Qur’an
4. Berdoalah Kepada Allah dengan Khusyu
5. Berpasrah dirilah Kepada Allah
6. Dan Bersedekahlah.

Insya Allah jika kita menjalankannya dengan Sempurna, tidak ada masalah yang tidak selesai Jika Allah sudah Berkehendak. Tapi yang kita lakukan ini jangan cuman saat kita punya masalah jangan cuman saat kita punya keinginan. Tapi datanglah kepada Allah setiap waktu setiap saat agar kita senantiasa mengenal Allah dan senantiasa ada Di jalan yang Diridhoin-Nya.
Allah Berfirman pada Surat Ali Imran ayat 26 dan 27 :


Allah lah yang memberikan segalanya, dan Allah lah yang dapat mengambil segalanya itu pula, Bukan manusia yang menentukan tapi Di tangan Allah Swt. Karena Allah maha Kuasa atas segala sesuatu. Subhanallah, coba deh saudaraku semua kita bayangkan jika kita benar-benar mengenal Allah, maka semua masalah akan dapat dihadapi dengan rasa Ikhlas dan tentunya dengan jalan-Nya yang benar. Karena Allah Maha Kuasa. Tidak ada yang tidak mungkin dalam Bahasa Allah Swt. Jika kita mengenalnya, Kunfayakuun,jangankan mengubah Nasib Manusia, Malampun bisa Allah ubah menjadi siang, dan siang bisa Allah ubah menjadi malam, apapun bisa Allah lakukan Jika Allah Berkehendak. Bahkan yang lebih sulit, membangkitkan kembali orang yang sudah mati Allah bisa. Subhanallah.

Jika Allah sudah memberikan jalan kepada kita, bukan hanya jalan yang kita sangka saja tapi Allah bisa memberikan jalan kepada kita yang sebelumnya jalan itu tidak pernah kita sangka. Subhanallah. Tanpa batas Allah Berkehendak.
Kita lihat Firman Allah Swt. Lagi pada Surat Fatir ayat 2 dan 3 :


Allah lah yang memegang semua Kehendak apa yang akan terjadi, jika Allah memberikan kepada kita tak ada suatu hal pun yang dapat menghentikannya, nikmat semua yang kita miliki semua karena Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Subhanallah.

Allah bisa memberi sesuatu nikmat yang sangat dahsyat yang tidak pernah kita minta sebelumnya, apalagi yang kita minta kepada-Nya, jika Allah berkehendak maka pasti akan terjadi. Coba kita pikirin nih. Apa kita pernah minta diberi telinga untuk mendengar? Apa kita pernah meminta diberi mulut untuk berbicara? Apa kita pernah meminta apa yang ada dalam tubuh kita? Tapi Allah sudah memberi kita semuanya. Allah memberi kita telinga sudah dalam keadaan bisa mendengar, memberi mulut dalam keadaan bisa berbunyi. Subhanallah. Apakah ada selain dari pada-Nya yang dapat memberi pada kita? Tidak Laillahailallahu! Tiada Tuhan selain Allah.

Satu lagi nih kita lihat Firman Allah pada Surat At Thalaaq ayat 2 dan 3 :


Jika kita Umatnya mau Bertawakal berserah diri kepada Allah Swt. Maka Allah akan memberikannya jalan keluar, jalan keluar itu belum tentu dari jalan yang disangkanya karena Allah Maha segalanya, Allah lah yang memberi jalan dari mana saja. Bertawakalah maka Allah Swt. Yang akan Mengurusnya. Subhanallah.

Begitu sayang begitu cinta Allah pada kita, Allah Maha segalanya, maka kenalilah Allah dengan benar-benar, jangan hanya mau mengenal Allah saat kita susah saja, nanti Allah akan memberi kita susah terus agar kita selalu ingat kepada-Nya.

Rasulullah Bersabda :
Ingatlah Allah ketika kamu susah maka Allah akan mengingatmu ketika kamu senang, dan Ingatlah Allah ketika kamu senang maka Allah akan ingat saat kamu susah”.

Marilah saudaraku semua kita selalu ingat kepada Allah kita berpegang pada kitab-Nya dan Sunnah Rasul-Nya. Insya Allah kita akan menjadi Hamba-Nya yang dicintai-Nya.
Sekian dari saya semoga Ilmu diatas dapat bermanfaat untuk membuat kita semakin mengenal Allah Swt. jangan lupa nih saudaraku, selalu percaya akan kekuasaan Allah dan keadilan-Nya, karena Allah tidak akan membiarkan Umat-Nya yang cinta pada-Nya teraniaya. Cintailah Allah SWT.

SALAM MUSLIM!

Wassalamualaikum wr.wb.

3 comments:

  1. salam kenal sob,, link blog sampeyan sudah terpasang di blog aku. salam kenal dari budi utomo

    ReplyDelete
  2. wah, komentarnya ga bisa buat URL, benerin lagi yu..

    link uda kepasang

    ReplyDelete
  3. iya nih, saya ada MP3 tentang ceramah diatas,, heheh. ust yusuf mansur,, heheh

    ReplyDelete

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Belajar Semuanya is proudly powered by blogger.com