Wednesday 27 June 2012

Tiga Tanda-tanda Orang Munafik


Assalamualaikum wr.wb.

Saudaraku sekalian yang dimuliakan oleh Allah, Alhamdulillah saya dapat mengupdate tulisan saya ini, yang insyaallah akan saya update setiap hari apabila saya mampu, dipagi yang cerah ini saya akan menjelaskan tentang tiga tanda-tanda orang yang munafik.

Saudaraku marilah kita buka sabda Rasulullah Saw :

Qaala Rasulullah Saw :
"Aayatul Munaafiqi Isalaatsun : Idzaa Haadatsa Kad Dzaba wa Idzaa Wa Ada Akhlafa Wa Idzaa Tumina Khana". (HR. Bukhari dan Muslim dari abu hurairah)

Artinya :
Sabda Rasulullah Saw :
"Tanda-tanda orang munafik ada tiga macam yaitu :
1. apabila ia berbicara berdusta
2. apa bila berjanji ingkar dan
3. apabila dipercaya khianat." (HR. Bukhari dan Muslim dari abu hurairah)

Orang yang munafik ialah seseorang yang memiliki ciri khas, yaitu tidak satunya kata dengan perbuatan, bermuka dua, lain di mulut lain juga dihati, dan tak pernah mau berterus terang. Golongan semacam ini sangat berbahaya di dunia, ibaratkan musang berbulu ayam, sulit untuk mengetahuinya. hanya tanda-tandanya saja dapat diketahui yaitu : apabila berbicara selalu berdusta atau tidak mengatakan yang sebenarnya yang dikatakan itu bertentangan dengan yang terjadi dan bertentangan dengan kata hatinya ; apabila berjanji tak pernah ditepati, selalu ingkar, pandai putar lidah apabila janjinya itu ditagih, dan orang semacam ini kalau diberi kepercayaan selalu meremehkan, menyia-nyiakan kepercayaan itu dan selalu curang atau khianat.

Allah SWT pun telah mengancam kepada mereka orang-orang munafik melalui Firman-Nya pada surat at-taubah ayat 68 :
Telah dijelaskan oleh Allah SWT, bahwa mereka akan dijanjikan Neraka Jahanam atau neraka yang paling pedih, dimana neraka yang diperuntukan bagi mereka itu tiada ampunan bagi mereka, Naudzubillah.

Suatu pertanyaan yang mungkin sering melputi otak kita, apakah kita ini termasuk orang yang munafik? bagaimana agar kita tidak menjadi orang yang munafik, terkadang kita sebagai manusia suka berbohong suka meremehkan kepercayaan karna itu dianggap kecil, dan terkadang juga melupakan janji, agar kita tidak tergolong orang yang munafik perbaikilah sikap kita ini, jagalah lisan kita dengan perkataan yang baik, tepatilah janji-janji kita selama kita masih mampu, dan jangan pernah remehkan kepercayaan orang pada kita sekalipun itu hanya kepercayaan kecil. Itu semua kita harus lakukan agar kita tidak tergolong orang-orang yang munafik. Amiin.

Dari penjelasan diatas tentunya kita akan mengetahui bagaimana agar kita tidak menjadi orang yang munafik, karena Allah sangat membenci orang yang munafik. Semoga apa yang saya tuliskan ini diberi berkah oleh Allah SWT dan menjadi manfaat bagi kita semua. Amiin.

Wassalamualaikum wr.wb.

10 comments:

  1. Assalamualaiku.wr.wb.
    Izin copas beberapa postingan dari sini ya, buat bahan pembelajaran... syukron, jazaakallah.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  2. sgt bagus.. lanjutkan..

    ReplyDelete
  3. munafik itu musuh islam yg paling berbahaya..

    ReplyDelete
  4. salah satu perbuatan org munafik ada di blogku..

    ReplyDelete
  5. smoga kita selalu terhindar dari perbuatan tersebut

    ReplyDelete
  6. ass wr wb .. izn copas
    moga mkin b'mnfaat dn pmbljaran bgi qta smua ..

    ReplyDelete
  7. Asslam ,ijin copi ya, ni sklilingku bnx orng munafik

    ReplyDelete
  8. Mari kita berdoa"Ya Allah hamba berlindung kepadaMu dari sifat munafik,dan hamba memohon kepadaMu lindungilah keluarga hamba,saudara-saudara hamba,dan pemimpin negara ini dari sifat munafik,sehingga terwujudlah negara ini menjadi negara yang makmur gemah ripah loh jinawi tata titi temtrem kerto raharjo,baldatun toyibatun warobun gofur.Amin ya Robb

    ReplyDelete
  9. Na'udzubillahi min dzalik Ya Rabb.
    jauh...jauh...jauhkan

    ReplyDelete

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Belajar Semuanya is proudly powered by blogger.com