Saturday 23 June 2012

Amal Yang Tiada Putus Sampai Akhir Hayat


Assalamualaikum wr.wb.

Saudaraku umat muslim sekalian, Alhamdulillah saya bisa menulis tentang "amal yang tidak pernah putus sampai hayat", Raslulullah Saw Bersabda

Qaala Rasulullah Saw :
"Idzaa Maata Bnu Aadama Inqatha'a A'malulu, Illaa Min Tsalaatsin : Shadaqatin Jaariyatin Au 'Ilmin Yuntafa'u Bihi Au Waladin Shaalihin Yad'uu Lahu".

Artinya :
Sabda Rasulullah Saw :
"Apabila telah mati seorang anak adan (manusia), maka terputuslah amalnya melainkan tiga perkara yaitu sadaqah jariyah atau ilmu yang bermanfaat atau anak yang sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya." (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

Saudaraku sekalian setelah seseorang meninggal dan bersemayam dalam kuburnya, maka tak ada lagi yang dapat menghubungkannya dengan sesuatu yang berada di alam dunia, melainkan ada tiga hal saja yaitu :

Yang Pertama yaitu sedekah Jariyah, Sedekah jariyah yaitu harta yang dapat diambil manfaatnya bagi kemaslahatan umum seperti sumur, masjid, musholla, madrasah, kitab-kitab pengetahuan dan lain-lain. Bila orang itu telah meninggal dunia, pahalanya akan terus diterima langsung sampai ke kuburnya.

Yang Kedua yaitu Ilmu yang bermanfaat baik ilmu Agama maupun ilmu umum yang diridhai ALLAH, sehingga masyarakat mengecap manfaat ilmunya itu, dan siempunya ilmu pun menerima pahala dari Allah sampai ia di dalam kubur sekalipun.

Yang ketiga yaitu anak yang shaleh yang dapat mendoakan kedua orang tuanya, baik anak laki-laki maupun anak perempuan, baik anak kandung maupun anak pungut, khususnya lagi kalau anak pungut ini adalah anak yatim yang memerlukan asuhan karena bapak dan ibunya telah tiada. Anak tersebut dididik baik-baik dan dibiayai urusan pendidikannya sehingga menjadi anak yang shaleh, menjadi tauladan masyarakat dan harapan bagi nusa dan bangsa. Doa si anak ini yang disampaikan pada orang tuanya dikubur akan sampai dan diperkenankan.

Makalah dari itu kita sebagai umat muslim kita harus memperbanyak amal-amal jariyah dan memberikan ilmu-ilmu kita serta menolong anak-anak yatim, agar kita senantiasa mendapat pahala yang tiada putusnya. amiin.

Wassalamualaikum wr.wb.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Belajar Semuanya is proudly powered by blogger.com