Minggu, 18 November 2012

Orang-orang ahli surga ( ahlul jannah )

assalamualaikum wr.wb.



alhamdulillah wa syukurillah dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, saudaraku sekalian umat muslim yang senantiasa mendapat berkah dari Allah SWT hari ini saya menulis tentang bagaimana agar menjadi orang orang ahli surga, maksudnya bahwa saya akan menjelaskan tentang manusia manusia seperti apa yang kelak akan menjadi penghuni surga.

Mari kita lihat dalam suatu hadits yang shahih :
ahlul jannati tsalaatsatun : dzuu sulthanin muqsithun muwaffiqun, wa rajulun rahiimun raqiiqul qalbi likulli dzi qurba wa muslimun. wa 'affifun muta 'affifun dzuu 'iyaalin.
artinya :
"penghuni surga adalah tiga golongan, ialah penguasa yang adil dan baik, orang yang penyayang dan lembut hatinya kepada setiap kerabat dan orang muslim, dan orang orang yang menjauhkan diri dari kejahatan serta berusaha menghindari kejahatan lagi pula berkeluarga' ( HR. muslim, dari aishi khamaarin )"

mengacu pada suatu hadits yang telah disebutkan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa dalam hadits diatas ditentukan tiga sifat yang harus dimiliki setiap muslim untuk mencapai surga, tiga hal tersebut adalah :

1. Berbuat adil terhadap dirinya, terhadap lingkungan hidupnya dan terhadap Allah. pengertian adil itu sendiri adalah memberikan sesuatu kepada yang berhak, lawannya adalah dhalim. Dengan demikian hak hak terhadap diri sendiri seperti kebersihan kesehatan dan makan rohani serta jasmani harus diberikan/dipenuhi. adil pada lingkungan hidup berarti memberikan hak kepada masyarakat sekelilingnya, bahkan kepada selain manusia pun hak haknya harus kita berikan. seperti menghormati menghargai menyayangi dan sebagainya. memberikan kesempatan kepada Allah berarti manusia harus menyembah kepada Allah, sebab manusia menyembah kepada Allah itu adalah hak Allah untuk hambanya.

2. Memiliki sifat Sayang dan lembut kepada setiap kerabat terutama sekali terhadap orang muslim. Allah SWT telah mewajibkan sendiri Dzat-Nya untuk memberi rahmat ( kasih sayang ) kepada mahkluk-Nya. Ini berarti memberikan tuntutan agar kita pun selalu memiliki kasih sayang dan bersifat lemah lembut, tidak berkeras hati, membandel dan sebagainya. kelembutan adalah suatu bentuk untuk menegakan kedamaian, maka dari itu kita diperintahkan untuk menjadi lemah lembut akan tetapi bukan lemah yang tidak tegas, lemah lembut yang dimaksud disini adalah lemah lembut akan tetapi juga tegas bukan untuk ditindas, dan juga memiliki kesabaran dan ketabahan yang kuat.

3.  Menjauhkan diri dan selalu menghindari dari perbuatan jahat, manusia yang mempunyai watak dasar baik ( fithrah ), harus dapat menundukan hawa nafsunya yang merupakan musuh yang pertama bagi manusia. kelestarian fitrah manusia harus diwujudkan dalam bentuk menjauhkan diri dari perbuatan yang tidak terpuji. hawa nafsu tentunya ada bermacam-macam halnya, sesungguhnya hawa nafsu adalah lawan terberat yang dimiliki oleh manusia dan tentunya sangat sulit untuk dilawan apabila kita tidak membentengi diri dengan agama yang kuat.

Ketiga sifat diatas adalah sifat yang harus diwujudkan dalam usaha menuju hidup dalam keselamatan, perdamian, keamanan dan ketentraman. bagi orang orang yang menginginkan masuk kesurga kelak, sejak sekarang harus berusaha bersifat ahli surga tersebut. bila seseorang tidak memiliki sifat tersebut, tidak yakin baginya masuk kedalam surga.

Tentunya penjelasan diatas adalah suatu sifat, dalam konteks agama yang pasti kita juga sebagai umat muslim memiliki kewajiban yang harus kita penuhi dan tidak boleh kita tinggalkan. seperti yang telah diajarkan nabi agung Muhammad SAW kepada kita semua.

Allah SWT berfirman pada surat Al-Hajj ayat 23 dimana digambarkan bahwa orang yang masuk surga kelak adalah orang yang beriman dan mengerjakan amal yang shaleh, amal shaleh tentunya sangat banyak.  berikut kutipan ayat tersebut :
Dari ayat diatas kita dapat menyimpulkan bahwa untuk menjadi seorang ahli surga kita harus menjadi orang yang beriman, orang yang beriman adalah orang yang percaya dan meyakini bahwa Allah SWT adalah satu satunya tuhan, dan kita selalu menjalankan perintah-Nya dan selalu menjauhi segala larangan-Nya sesungguhnya Allah maha pengasih lagi maha penyayang.

Ingatlah kepada Allah dari segala hal yang kita lakukan karena Allah maha mengetahui segala hal, dan bertaubatlah apabila kamu telah melakukan kesalahan, serta mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan untuk menjadi salah seorang dari ahli surga. Amiin ya robbal allamiin. Sekian dulu yang dapat saya sampaikan semoga Allah SWT masih memberikan nikmat kehidupan kepada saya dan insya Allah saya akan terus menulis dalam blog ini.

wassalamualaikum wr.wb.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Belajar Semuanya is proudly powered by blogger.com